1.862 Peserta SBMPTN di Padang Gugur

Sebanyak 1.862 peserta ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Padang, Sumatera Barat, dinyatakan gugur karena absen pada hari pertama pelaksanaan ujian, kata Humas Panitia Lokal 17 SBMPTN Amril Amir. "

Peserta SBMPTN di Padang Gugur


Berdasarkan data yang dihimpun panitia terdapat 1.862 perserta yang tidak mengikuti ujian pada hari pertama tanpa keterangan apapun dan secara otomatis mereka dinyatakan gugur," kata Amril Amir di Padang, Rabu. Menurutnya, banyaknya peserta yang tidak hadir kemungkinan besar karena sudah lulus pada jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Namun, karena sudah terlanjur membeli formulir SBMPTN serta melakukan pendaftaran, sementara mereka sudah diterima akhirnya tercatat sebagai peserta ujian yang tidak hadir, kata dia. Ia merinci peserta SBMPTN Bidang Sosial Humaniora yang terdaftar sebanyak 15.224, namun yang hadir 14.406 dan tidak hadir 818 orang. Kemudian, Bidang Sains Teknologi terdaftar sebanyak 11.196 orang, tidak hadir 553 dan campuran terdaftar sebanyak 9.021 dan tidak hadir sebanyak 511 orang.

Namun, ia mengatakan secara umum pelaksanaan SBMPTN 2013 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Terkait kekhawatiran akan ada demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak, ia mengatakan tidak ada hambatan karena angkutan umum tetap beroperasi seperti biasa. Berbeda dengan ujian tahun sebelumnya, pada tahun ini setiap pendaftar dapat memilih tiga program studi dengan syarat satu program studi yang dipilih harus merupakan perguruan tinggi negeri pada wilayah siswa yang bersangkutan ujian.

Jika pada tahun lalu ada kategori IPA, IPS dan IPC tahun ini diganti menjadi saintek, sosial humaniora dan campuran, kata dia. Jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas 2013 jalur SBMPTN sebanyak 2.190 orang dan dari jalus SNMPTN sebanyak 3.106 mahasiswa.

Sementara itu, Universitas Negeri Padang menerima 5.617 mahasiswa dengan perincian melalui SNMPTN 2.040 orang,SBMPTN 1.524 orang, bidik misi 600 orang, jalur prestasi 281 orang, seleksi sendiri 437 orang dan reguler mandiri 735 orang. Ia menambahkan bahwa hasil kelulusan SBMPTN akan diumumkan pada 12 Juli melalui situs www.sbmptn.or.id mulai pukul 17.00 WIB.

No comments:

Post a Comment