Jalur Masuk SBMPTN Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun ini akan menerima 2.406 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang nantinya akan menduduki kursi pada 47 program studi pilihan pada jenjang S-1 yang ada di universitas ini.

Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan dengan cara online. Calon peserta harus terlebih dahulu membayar biaya ujian melalui loket terdekat atau mesin ATM, Internet Banking, atau SMS Banking pada Bank Mandiri. Sebelum pembayaran dilakukan, calon peserta terlebih dahulu memperhatikan lima Kelompok Kategori Pembayaran Biaya Seleksi yang dapat diakses melalui laman sbmptn.or.id.

Terkait dengan Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan dalam seleksi ini, mengingat Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Saintek, yang sebelumnya disebut IPA, dan kelompok Soshum yang sebelumnya disebut IPS. Maka bagi peserta pendaftar dapat memilih program studi yang sesuai dengan kelompok ujian yang diikutinya yaitu, Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum dan Kelompok Campuran yang sebelumnya disebut IPC.

Adapun ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian ketrampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian ketrampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

1. Ujian Tertulis Materi Ujian Tertulis terdiri dari :

  • Tes Potensi Akademik (TPA) = Verbal dan Kuantitatif 
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) = Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) = Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  • Campuran = TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum


2. Ujian Keterampilan

  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri dari tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman sbmptn.or.id.


Universitas Sumatera Utara memiliki beberapa jadwal kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa. Masing-masing, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan UMB/Mandiri. Seleksi terakhir adalah SPMPD atau Seleksi untuk Program Diploma/D-3.

No comments:

Post a Comment