UGM Resmi Terima 9.361 Mahasiswa Baru


UGM Resmi Terima 9.361 Mahasiswa Baru

UGM Resmi Terima 9.361 Mahasiswa Baru

Sebanyak 9.361 mahasiswa baru (Maba) UGM diterima resmi Rektor Prof Dr Pratikno MSocSc dalam upacara penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014, di halaman Grha Sabha Pramana, Bulaksumur. Mereka terdiri dari 6.572 mahasiswa program sarjana dan 2.789 mahasiswa program diploma Sekolah Vokasi.

Rektor menyatakan, 9.361 Maba UGM adalah generasi muda terpilih Indonesia. Mereka adalah generasi muda yang sangat beruntung, karena telah lolos seleksi. ''Ada lebih dari 142 ribu yang mengikuti seleksi kuliah di UGM, hanya 9.361 yang diterima, anda sangat beruntung menjadi mahasiswa UGM, di universitas terbaik di Indonesia,'' katanya.

Menurut Rektor, saat ini ranking universitas di dunia, UGM termasuk terbaik dan semakin baik di Asia. Posisi tersebut tentu bukan hanya penting bagi UGM namun juga untuk mahasiswanya. Banyak prestasi di raih UGM di tingkat nasional maupun internasional, dengan menyabet medali emas dan perak untuk berbagai macam kompetisi.

"Untuk itu, saya mengajak saudara mengikuti jejak mereka, prestasi kakak-kakak kelas anda yang baru saja menerima penghargaan. Ada lomba robot, otomotif, debat konstitusi dan lain-lain. Semua ditangan saudara untuk mengangkat martabat Indonesia menjadi negara yang besar dan berpengaruh di tingkat internasional," paparnya.

Karena itu para mahasiswa diharapkan tidak hanya bersaing dengan perguruan tinggi lain dalam negeri, namun harus bersaing dengan perguruan tinggi asing di luar negeri.

Dalam berkontribusi, para mahasiswa baru UGM itupun diharapkan tidak hanya berdasar dari ilmu pengetahuan yang diperolehnya dari fakultas maupun program studi masing-masing, namun harus memiliki wawasan ilmu yang luas.

Direktur Akademik Dr Agr Ir Sri Peni Wastutiningsih melaporkan, sebanyak 6.572 Maba baru program sarjana UGM diterima melalui jalur seleksi tingkat nasional, yakni SNMPTN dan SBMPTN serta jalur seleksi mandiri UGM.

Adapun sebanyak 2.789 mahasiswa baru program diploma UGM, semua diterima melalui jalur mandiri UGM yang dilakukan melalui seleksi penelusuran bibit unggul dan ujian tulis yang dilaksanakan dua gelombang.

No comments:

Post a Comment