Profil UMI (Universitas Muslim Indonesia)

Profil UMI (Universitas Muslim Indonesia)

Profil UMI (Universitas Muslim Indonesia)Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar adalah universitas didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 yang piagam pendiriannya ditandatangani oleh K.H. Muhammad Ramly, La Ode Munarta, Andi Maddaremmeng dan Chalid Husain. Dan ditinjau dari segi usia, UMI merupakan perguruan tinggi tertua dan merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di kawasan timur Indonesia. UMI juga merupakan satu-satunya PTS yang terakreditasi Institusi di Indonesia Timur. Yang bealamatkan di Jl. Kakatua No. 27 Makassar 90121 , dan kontak +62411873018 .

Kebesarannya tampak pada aspek keilmuan dan profesionalisme, yang diwarnai dengan etika, moral dan intelektual yang berlandaskan keislaman. Tidak heran jika UMI sampai saat ini tetap menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia Timur. Juga satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang sudah TERAKREDITASI INSTUTUSI dari pemerintah Nomor : 036/BAN-PT/Ak-I/Ins/III/2008, dan UMI satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Doktor (S-3).

Universitas Muslim Indonesia diselenggarakan oleh masyarakat dalam bentuk Yayasan yakni Yayasan Wakaf UMI, bergerak dibidang pendidikan dan dakwah. Dalam jalur pendidikan UMI membina pendidikan akademik mulai dari strata Diploma 3, Strata satu (S.1) dan Strata dua (S.2), yang tergabung dalam 12 Fakultas, Pascasarjana dan satu Akademi, 40 Program Study.

Program Study:

1. Program Diploma (D3)

1.       Akademik Bahasa Asing
2.       Kebidanan

2. Program Sarjana (S1)

1.       Fakultas Agama Islam
2.       Fakultas Ekonomi
3.       Fakultas Farmasi
4.       Fakultas Hukum
5.       Fakultas Teknik Industri
6.       Fakultas Kedokteran
7.       Fakultas Kesehatan Masyarakat
8.      Fakultas Perikanan dan Pertanian
9.      Fakultas Sastra
10.  Fakultas Teknik
11.  Fakultas Ilmu Kedokteran

3. Program Magister (S2)

1.       Pengkajian Islam
2.       Manajemen
3.       Akuntansi
4.       Ilmu Hukum
5.       Manajemen Pesisir
6.       Ilmu Ekonomi
7.       Teknik Kimia
8.       Agriteknologi
9.       Teknik

4. Program Doktor (S3)

1.       Ilmu Manajemen
2.       Ilmu Hukum

Ciri Khas

Salah satu diktum dalam Piagam berdirinya UMI, yang dirumuskan oleh para pendirinya bahwa tujuan dasar pendirian UMI adalah untuk membentuk tenaga ahli, terampil, berbudi luhur serta bertaqwa kepada Allah Swt, dan berperannya UMI sebagai penegak cita-cita luhur syiar Islam.

A. Program Kampus Islami
Program ini dicanangkan pada tahun 1985 dengan harapan agar UMI tidak hanya mampu melaksanakan misi Tridarma Perguruan Tinggi yang berwawasan duniawi, melainkan juga mampu mengembangkan segi pendidikan yang berwawasan ukhrawi, yang dilandaskan atas kesadaran diri setiap insan yang melibatkan diri di dalamnya sebagai mahluk ciptaan Allah Swt.

B. Pesantren Kilat
Keberadaan Universitas Muslim Indonesia dengan ciri khasnya sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, mengemban tugas dan tangungjawab yang lebih luas dan lebih berat dari sekedar melahirkan sarjana, dengan berupaya memberikan nilai plus kepada anak didiknya, melalui pengembangan aqidah dan etika Islam (akhlak), sebagai pondasi dalam mengarungi masa depan.

C. Pencerahan Qalbu
Kegiatan Pencerahan Qalbu merupakan ciri khas UMI sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah, yang dilaksanakan di Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI, yang berlokasi di Desa Padanglampe Kab. Pangkep sebagai Kampus IV UMI, kehadirannya tak lepas dari cita-cita luhur para pendiri UMI, untuk membina dan mempertinggi derajat masyarakat lewat pendidikan dan pembinaan keagamaan.

Perkembangan Universitas Muslim Indonesia

Untuk merealisasikan amanah dan mencapai sasaran UMI melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat telah menetapkan:
Ini sangat dimungkinkan karena pola penyelenggaraan pendidikan menggunakan pendekatan keunggulan yang menggabungkan bentuk program akademik dan profesional yang membentuk tiga kompotensi utama, yaitu: Spiritual Intelligemce (Kecerdasan Moral), Intellectual Intelligence (Kecerdasan Intelektual) dan Functional Skill (Keterampilan Fungsional). Program keunggulan tersebut didukung oleh tenaga pengajar (dosen) sekitar 800 orang, 75% merupakan dosen tetap UMI dan umumnya telah berkualifikasi Magister (S2), Doktor (S3), dan Guru Besar. Selain itu, juga didukung tenaga administrasi sebanyak 348 orang, dilengkapi dengan 54 jenis laboratorium dan ditunjang dengan sarana perpustakaan dengan koleksi buku 71.776 eksemplar.

Di usianya yang ke-56 pada tahun 2010, Universitas Muslim Indonesia telah memiliki 2 Diploma D3, 12 fakultas dengan 32 program sarjana (S1), 8 program magister (S2) dan 2 program doktor (S3). Saat ini Universitas Muslim Indonesia mempunyai sekitar 15000 mahasiswa aktif, didukung oleh lebih dari 750 orang dosen purnawaktu dan 348 Karyawan nonakademik.

Perlu diketahui bahwa, UMI merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Kawasan Indonesia Bagian Timur telah "terakreditasi secara institusi" disamping semua program studi telah terakreditasi oleh BAN-PT, kecuali beberapa program studi yang baru dibuka dalam tiga tahun terakhir ini yaitu PGMI, Ilmu Komunikasi, Pertambangan, Keperawatan S1, Kebidanan D3 dan Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Teknik kimia S2, serta Ilmu Ekonomi Manajemen, Ilmu Hukum S3 sedang dalam proses akreditasi oleh BAN.

Salah satu langkah konkrit untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di era globalisasi dengan berbasis IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka sejak tahun akademik 1999/2000 seluruh mahasiswa baru wajib mengikuti Pencerahan Qalbu, yang dipusatkan di Pesantren Mahasiswa UMI "Darul Mukhlishin" di Desa Padanglampe Kab. Pangkep Sul-Sel. Dan seluruh mahasiswa baru UMI diberikan Pelatihan Internet secara gratis.

No comments:

Post a Comment