Universitas Sebelas Maret / UNS Solo Terima 2.398 Mahasiswa Baru Program Diploma

Universitas Sebelas Maret / UNS Solo Terima 2.398 Mahasiswa Baru Program Diploma

Tahun ajaran baru 2014 Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima 2.398 calon mahasiswa baru dari Program Diploma. Dari sejumlah calon mahasiswa baru tersebut 124 orang di antaranya mendapatkan Bidikmisi.
Mahasiswa Baru UNS Surakarta
Mahasiswa Baru UNS Surakarta
Menurut Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, menyampaikan penerimaan mahasiswa baru untuk Program Diploma UNS dilakukan dalam 3 jalur seleksi penerimaan. Diantaranya adalah Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), jalur ujian tulis mandiri, dan jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

“Jumlah total yang diterima dan melakukan registrasi adalah 2.398 orang,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Baru UNS Surakarta saat menyampaikan laporan pada upacara penyerahan calon mahasiswa baru Program Diploma kepada Rektor UNS Surakarta, Senin (25/8/2014).

Secara rinci Sutarno menyebutkan untuk jalur PMDK, jumlah peminat masuk UNS Surakarta sebanayak 3.324 orang. Namun hanya 861 orang saja yang diterima dan melakukan registrasi.

Pada jalur ujian tulis mandiri UNS Surakarta, jumlah peminat mencapai 5.167 orang. Dari jumlah tersebut hanya 1.039 orang yang diterima dan melakukan registrasi. Sedangkan pada jalur UMB-PT, terdapat 9.233 orang peminat, dan hanya 498 orang saja yang diterima dan registrasi.

Calon mahasiswa baru yang diterima UNS Surakarta tersebar di 7 Fakultas. Di Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) terdapat 242 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanayak 502 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 503, Fakultas Kedokteran sebanyak 390 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 264, Fakultas Teknik sebanyak 294 orang, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F MIPA) sebanyak 203 orang.

Sutarno melanjutkan, dari seluruh mahasiswa Diploma yang diterima tersebut, 124 orang di antaranya berasal dari keluarga tidak mampu dan memenuhi syarat diusulkan akan diberikan Beasiswa Bidikmisi. Baik itu dari D3 maupun D4 UNS Surakarta.

Sebelumnya Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan besaran Beasiswa Bidikmisi yang akan diberikan mahasiswa Diploma tidak berbeda dengan besaran yang diterima mahasiswa S1. “Sama seperti S1, tapi untuk D3 nanti hanya diberikan 3 tahun. Kalau besarannya sama,” ungkap dia, Rabu (20/8).

No comments:

Post a Comment